Berapa Biaya Traveling ke Baduy, Kanekes Banten??

Berapa Biaya Traveling ke Baduy, Kanekes Banten??

Traveling atau berwisata ke Suku Baduy merupakan salah satu alternatif pilihan tujuan destinasi di Provinsi Banten. Di Banten sendiri banyak sekali destinasi wisata alam misalnya pantai karena hampir setengah wilayah banten berbatasan langsung dengan laut sperti Kepulauan Seribu, Selat Sunda, dan Samudera Hindia.

Selain pantai, Banten juga banyak memiliki wisata alam lainnya seperti air terjun, goa, dan perkebunan hingga pegunungan. Belum lagi destinasi rekreasi wisata keluarga seperti water park dan lain sebagainya. Orang mungkin tidak asing dengan Pantai Anyer hingga pernah datang berkali-kali, tapi karena Baduy adalah destinasi budaya maka tak banyak orang yang berkunjung berkali-kali ke Baduy.

Sebagai pedagang, kunjungan saya ke Baduy pada dasarnya bukan untuk 'melihat-lihat' atau berwisata meski setiap berkunjung saya selalu membawa kamera. Nah kali ini saya ingin share berapa sih biaya traveling ke Baduy?

Biaya Traveling ke Baduy

Secara umum biaya traveling akan terbagi 3 bagian sebagaimana traveling ke manapun, yaitu transportasi, akomodasi, dan konsumsi. Biaya ini diluar dokumentasi karena bisa sendiri serta biaya untuk merchandise.

Transportasi

Biaya transportasi yang akan saya jelaskan mencakup dari mulai kamu berangkat hingga sampai di tempat tujuan. Untuk transportasi sendiri bisa menggunakan kendaraan pribadi dan kendaraan umum. Saya akan menjelaskan lebih kepada kendaraan umum dengan start poin perjalanan adalah Kota Jakarta.

Semua angka-angka di bawah ini hanya estimasi (perkiraan):
  • Rumah -> Stasiun Tanahabang: Rp 10.000 (Ojek Online)
  • Stasiun Tanahabang -> Stasiun Rangkasbitung: Rp 8.000 + 10.000 (jaminan) total 18.000
  • Stasiun Rangkasbitung -> Terminal Aweh: Rp 5.000 (mobil body dan plat merah dekat pintu keluar stasiun/depan Barata)
  • Terminal Aweh -> Terminal Ciboleger: Rp 35.000 (mobil elf tujuan Ciboleger) per orang.
  • Stasiun Rangkasbitung -> Terminal Ciboleger Carter: Rp 600.000 - 800.000 (pulang pergi/per mobil maksimum 15 orang)
Penggunaan mobil/motor pribadi tidak saya hitung, baru mulai dihitung dari bawah ini:
Guide/Porter (per orang guide): Rp 50.000 - 100.000 (tergantung tujuan akhir)

Konsumsi

Untuk konsumsi, jika hanya menginap semalam saya sarankan kamu beli bahan makanan mentah kemudian mereka akan memasaknya sehingga kamu bisa menikmati dan melihat cara memasak dan rasa masakan khas orang Baduy. Tapi kalau tidak mau repot, kamu juga bisa catering (jika sudah punya kenalan orang baduy/diurus agent travel).
  • Belanja bahan makanan (maks 5 orang): Rp 50.000 atau lebih (beras, ikan, dll. tergantung selera) untuk sekali makan.
  • Catering (nasi kotak/nasi bungkus): Rp 20.000 atau lebih (tergantung menu makanan) untuk sekali makan

Akomodasi

Sering dan banyak yang bertanya, emang di Baduy ada penginapan, villa, atau rumah singgah? Jawabannya, gak ada! Menginap di Baduy berarti kita ikut tidur di rumah warga. Jika jumlah kelompok banyak biasanya akan dibagi 2 rumah dengan memisahkan pengunjung laki-laki dan perempuan. Biaya menginap per rumah antara Rp 100.000 - 200.000 tergantung berapa banyak rombongan pengunjung.

Urusan mandi dan buang air jelas harus dilakukan di sungai karena tidak ada toilet atau kamar mandi di semua rumah warga Baduy (meskipun beberapa punya). Kalo malu ya basah-basahan saja, kalo masih malu cuci muka dan tak perlu mandi.

Jaga kebersihan dan hormati aturan adat istiadat, jika kamu menginap di Baduy Dalam harap tidak menggunakan sabun, pasta gigi, pencuci muka, shampo, dan sebgainya saat mandi di sungai.


Tips:

  • Pastikan kamu mengajak orang yang pernah ke Baduy; atau
  • Kamu bisa menggunakan jasa agent travel atau pramuwisata resmi dari pemerintah
  • Pastikan kemu bernegosiasi saat menyewa elf untuk kebutuhan pulang pergi Terminal Aweh - Ciboleger dan tentukan jam jemputnya.
  • Gunakan guide/porter orang Baduy dalam, harap tidak mengiyakan jika ada orang yang bersedia 'bareng' atau mengantar. Pastikan orang Baduy yang kamu minta tolong untuk guide selama perjalanan.
  • Biaya parkir untuk motor Rp 15.000 (jika menginap) dan mobil Rp 35.000 (jika menginap)
  • Patuhi aturan adat istiadat di Baduy, karena disitu bumi dipijak disanalah langit dijunjung.

Post a Comment

0 Comments