Sumber Informasi Lengkap Lensa Manual

sumber informasi lengkap lensa manual
img src: dslrvideoshooter.com

Apa yang ada dipikiranmu saat melihat orang membawa kamera dipasangkan dengan lensa manual? atau apa yang orang katakan ketika melihat kamu menggunakan lensa manual (bahkan kamera analog)? saya yakin 80% lebih kagum dan sisanya aneh karena penasaran.

Baca: Fotografi Analog=Full Frame Murah Meriah

Saya pun termasuk orang yang kagum pada fotografer (khususnya yang pro) yang masih setia menggunakan lensa manual bahkan dalam pekerjaan komersialnya. Menggunakan lensa manual itu lumayan sulit jika belum terbiasa. Dimana-mana kalau sudah terbiasa pasti bisa, lancar, mahir, hingga expert.

Lensa manual yang saya maksud adalah lensa yang tidak memiliki hubungan elektrik (cpu contact) dengan body kamera dan tidak memiliki fitur auto fokus (bukan AF atau AFS). Sebagai pengguna Nikon kategori lensa manual (menurut saya) adalah lensa tipe AI, AIS, PRE-AI. Tipe lensa manual brand lain saya kurang hapal, mohon mangap.

Baca: Daftar Lensa Nikon yang Wajib Kamu Miliki

Bersyukur body kamera saya D3300 cocok dengan semua tipe lensa manual Nikon termasuk yang Pre-AI atau Non-AI. Lensa-lensa ini juga lumrah digunakan di kamera brand lain dengan penggunaan adapter. Saya sendiri memasangkan lensa-lensa manual saya ke body Fujifilm, walau jadul X-T10 sangat cocok karakternya dengan kualitas optik keluaran lama Nikon.

Sumber Informasi Lengkap Lensa Manual

Pertama kali berkenalan dengan lensa manual adalah saat membeli kamera analog. Mencobanya dalam beberapa bulan kemudian saya jual lagi. Belum terpikir untuk memasangkannya pada kamera DSLR, kalaulah tahu cuma beli adapter aja pasti lensa itu tetap ada di drybox dan sesekali digunakan.

Setelah mencari tahu dan sadar lensa manual lebih terjangkau harganya, barulah saya mencari review terkait lensa manual. Dengan keyword 'lensa manual murah' saya menemukan kanal Youtube Theoria Apophasis dan Mark Holtze. Dua channel ini lumayan membantu saya dalam menemukan lensa incaran. Saya dapat list 'old cheap lens' dari Ken Wheeler kemudian review dan komparasinya dari kanal Mark Holtze.

Baca: Rekomendasi Kanal Youtube Fotografi Pilihan Saya

Selain kanal Youtube, website tentang lensa manual yang amat mempengaruhi saya diantaranya, yaitu:

allphotolenses.com

Website ini adalah website utama rujukan saya mencari semua brand, jenis, dan spesifikasi lensa yang saya butuhkan. Tidak hanya lensa manual, database lensa di website ini juga mencakup lensa modern. Kita bisa mencari lensa berdasarkan nama lensa atau berdasarkan mount lensa dan juga berdasarkan merek/brand.

Kelebihan web ini adalah adanya review dari user yang terdaftar yang menghasilkan rating untuk masing-masing lensa. Rating berdasarkan kualitas mekanik, kualitas optik (ketajaman), usability (kemudahan penggunaan), pricing (harga), dan Bokeh. Reproduksi lensa yang didambakan penggemar bokah-bokeh.

mflenses.com

Hampir sama dengan website pertama, mflenses juga cukup mampu menyajikan informasi terkait lensa manual berbagai merek, mount, dan tipe. Bedanya, saya pribadi kurang suka dengan tampilan (UI) websitenya yang menyulitkan saya sebagai orang yang membutuhkan informasi yang cepat.

pentaxforums.com

Website ini sebetulnya spesifik untuk brand merek Ricoh/Pentax, namun lumayan detail memberikan informasi lensa manual keluaran Ricoh, Takumar, atau Pentax. Ada pula beberapa lensa manual merek third party yang memang mountnya Pentax, tapi kamu bisa cari mount untuk merek lain kan?

Informasi review/rating dan harga cukup menambah keyakinan kita yang sedang mencari lensa manual mount PK. Tak bisa dipungkiri lensa dari pabrikan ini sebagian merupakan lensa manual terbaik seperti Super Multi Coated Takumar 55mm f1.8.

photosynthesis.co.nz

Nah kalo ini andalan saya dalam mencari serial number tipe lensa manual Nikon yang terbaik. Agar tidak tertipu penjual lensa, biasanya saya mencocokan nomor seri di foto yang dipajang penjual dengan data yang ada di website ini. Contohnya, lensa manual terbaik 50mm f1.8 pancake adalah yang memiliki seri 2050001 - 2268017 yang terkenal dengan nama long nose.

Hampir semua lensa nikon tercantum detail lengkap di website ini bahkan menurut saya lebih mudah dipahami dibanding website Nikon sendiri. Di dalamnya juga ada informasi body kamera Nikon, Aksesoris, dan beberapa item Nikon yang dijual.

Demikian website sumber informasi lengkap lensa manual rujukan saya. Website lain yang sering dijadikan patokan ada di postingan saya sebelumnya tentang Rekomendasi Website Review Fotografi Online.

Post a Comment

0 Comments