Rekomendasi Akun Informasi dan Jual Beli Kamera Online

Rekomendasi Akun Informasi dan Jual Beli Kamera Online
img src: lvivity.com

Sebagai orang yang dalam fotografi hanya sebuah hobi, semua pertimbangan saat membeli kamera atau lensa berdasarkan informasi yang saya dapat dari literasi online baik artikel maupun video tutorial.

Baca: Istilah-Istilah Fotografi Yang Wajib Dipahami Sebelum Membeli Kamera

Beberapa informasi saya dapatkan bisa disimak juga di postingan sebelumnya, yaitu:

Rekomendasi Akun Informasi Jual Beli Kamera Online

Nah diluar dari daftar di postingan tersebut berikut ini informasi spesifik jual-beli kamera di berbagai kanal media.

Used Photo Pro

Used Photo Pro disebutkan oleh salah satu kanal Youtube fotografi yang sering saya lihat. Website ini khusus menjual dan membeli kamera, lensa, dan alat fotografi lain dengan kondisi bekas. Dibanding di Amazon atau Ebay, usedphotopro.com menampilkan produk yang sebenarnya dengan deskripsi yang jelas.

Masalah harga, menurut saya lebih murah dibanding di Ebay, sayangnya service delivery tidak selengkap marketplace gagah macam Ebay dan Amazon. Terlebih dari itu, biaya ongkir, pajak (bea cukai) dan biaya admin dan lain-lain juga cukup besar. Kalau dihitung-hitung sedikit lebih mahal jika dibanding beli di Indonesia dengan produk yang sama. Bedanya, tidak semua produk ada di Indonesia.

Dabelyu Kamera

Saya memasukkan Dabelyu Kamera karena kualitas produk eks JDM (Japan Domestik Market) a.k.a pasar barang bekas di Jepang lumayan bagus dan harganya cukup terjangkau. Saya sudah 2 kali bertransaksi di marketplace Bukalapak dengan toko ini.

Pertama, saya membeli Nikkor AF 28-85mm f3.5-5.6 kemudian kedua Nikkor 28mm f3.5 Pre Ai. Kondisi sesuai deskripsi di lapak dan worth banget dengan harganya. Lapak ini lebih sering update produknya di Instagram dengan nama akun yang sama.

Group Jualan di Facebook

Beberapa group yang saya ikuti dan layak kamu gabung ke dalamnya untuk mendapatkan informasi untuk membeli bahkan menjual kamera diantaranya:

  • Pasar Lensa dan Kamera Untuk Umum
  • Pasar Kamera DSLR, Camera Mirrorless dan Lensa
  • Bursa Nikon Indonesia
  • Bursa Lensa Manual

Akun Toko Fotografi di Instagram

Gudang Kamera Surabaya

Saya mengikuti toko ini di Instagram meski belum pernah bertransaksi. Toko ini sering melakukan lelang worth produk yang bisa didapatkan dengan harga ciamik. Toko ini menjual alat fotografi baru dan bekas dari berbagai merek.

rajamurah_aw

Konon katanya barang yang dijual disini sangat worth dari segi kondisi yang dideskripsikan melalui kanal Facebook maupun instagramnya. Lumayan buat menambah referensi dan harga gak bisa bohong.

Demikian rekomendasi akun informasi dan jual beli kamera online yang admin dapatkan dari pengalaman membeli alat-alat fotografi.


Post a Comment

0 Comments