Memilih Kamera Terbaik Berdasarkan Genre Fotografi

kamera terbaik berdasarkan genre

Saya adalah penggemar Nikon oleh karena itu semua jenis kamera yang saya sebutkan dipastikan tidak ada dari merek Canon, Fujifilm, bahkan Sony.

Ya, sebagai pemula dan sudah meyakini pilihan sebuah genre fotografi maka kita akan bertanya, kamera apa yang cocok sesuai dengan genre saya?

Baca: Istilah-Istilah yang Harus Dipahami Sebelum Membeli Kamera

Jika memilih sebagai landscaper, kamera apa yang cocok buat fotografi landscape?

Jika memilih sebagai weddinger, kamera apa yang cocok buat fotografi wedding/pre wedding?

Memilih Kamera Terbaik Berdasarkan Genre Fotografi

Nah berikut ini pendapat saya bagaimana cara memilih kamera berdasarkan genre fotografi yang dipilih dari sudut pandang yang berbeda.

Landscape Photography

Kamera terbaik untuk fotografi lanskap adalah kamera yang memiliki fitur produk di bawah ini:

Baca: Akun Instagram Artis Fotografi Pilihan

High Dynamic Range

Kalimat sederhana untuk memahami istilah ini adalah seberapa hebat teknologi suatu kamera untuk melihat sisi hitam dan sisi putih secara balance. Fitur ini membantu ketajaman gambar dalam sebuah frame, kontras, dan vibrance, serta saturasi hasil foto.

High Megapixel

Maximum sensor resolution sangat membantu ketajaman dan detail gambar terutama saat membutuhkan pemotongan frame untuk keperluan tertentu.

Weather Sealed Body

Body kamera yang tangguh saat dibawa perjalanan panjang mencari pemandangan terbaik. Paling tidak tangguh saat cuaca berkabut, bersalju, dan sebagainya.

Color Depth

Color depth tak hanya penting untuk fotografi portrait atau yang menampilkan human skin secara close up. Color depth juga dibutuhkan untuk mendapatkan warna yang pas sebagaimana aslinya dalam pemotretan pemandangan.

Astrotracer (optional)

Hanya kamera brand Pentax (Pentax K-1, K-70, dan K-3) yang memiliki fitur ini menurut cameradecision.com. Fitur ini membantu pemburu jalur susu menemukan spot terbaik menangkap cahaya gugusan bintang-bintang.

Baca: Rekomendasi Website Review Kamera

Built in Intervalometer (optional)

Harga intervalometer yang bagus mulai dari 400 ribu hingga 1 juta rupiah. Jika alat ini sudah ada di body kenapa tidak sekalian saja?

Sport Photography

Untuk genre fotografi yang mengejar moment termasuk sport photography membutuhkan kamera yang memiliki fitur seperti berikut ini.

Frame Per Seconds

Kamera dengan continuous shooting tinggi akan membantu mengambil momen dalam hitungan per mili seconds. Satu moment tidak mungkin berhasil direkam dengan sempurna hanya dengan satu frame sehingga dalam satu kali tekan shutter dibutuhkan lebih banyak frame yang dicapture.

High ISO Capability

Kualitas ISO tinggi masih menghasilkan gambar jernih dan tajam dibutuhkan dalam sport photography karena dalam sport photography yang biasanya menggunakan shutter tinggi (diatas 1/1000s) agar menghasilkan eksposure yg pas antara shutter speed, iso, dan bukaan diafragma.

Baca: Rekomendasi Kanal Youtube Fotografi Favorit

High Shutter Speed

Setiap tipe kamera diantara berbagai macam brand memiliki shutter speed yang berbeda-beda misal Nikon D3300 memiliki speed maksimum 1/4000s sedangkan Nikon D700 memiliki speed maksimum 1/8000s. Fitur ini berhubungan dengan high ISO capabilitiy di point sebelumnya.

Auto Fokus

Fitur yang satu ini berhubungan jugan dengan lensa. Sehingga lensa modern saat ini diproduksi dengan mesin fokus di dalamnya dalam arti tidak mengandalkan mesin auto fokus di body kamera. Oleh karena itu pastikan lensamu memilki fitur auto fokus (AF & AFS) termasuk body kamera memiliki motor fokus.

Vibration Reduction (VR)

Saat kamu tidak memungkinkan menggunakan tripod saat memotret olahraga, vitur VR ini sangat berguna untuk mengurangi shake (blur) pada gambar hasil foto.

Baca: Rekomendasi Group Facebook Fotografi

Portrait Photography

Include dalam kategori ini sperti genre human interest, street photography, wedding/pre wedding protography dan yang lainnya yang objek foto utamanya adalah manusia. Kamera yang dibutuhkan dalam genre ini dipastikan bagus kualitas dalam hal berikut ini:

High Color Depth

Kualitas ketajaman warna dalam sebuah kamera akan menghasilkan gambar portrait yang sempurna.

High Dinamyc Range

Idem

Face Detection Focus

Fitur ini sangat berguna untuk mendapatkan fokus yang biasanya mengunci mata manusia.

Auto Fokus

Jenis Fotografi portrait sering membutuhkan moment terekam dan momen bergerak tersebut dicapture dengan fitur auto fokus pada kamera dan lensa.

Baca: Rekomendasi Akun Informasi dan Jual Beli Kamera Online

Macro, Still Life, dan Product Photography

Ketiga genre ini memiliki kebutuhan kamera yang hampir saya yaitu:

Lens Sharpness

Jelas hal ini tidak berhubungan dengan body kamera langsung. Apapun kameranya kamu bisa melakukannya.

Closed Fokus

Lensa dan kamera yang memiliki jarak fokus lebih dekat sangat dibutuhkan dalam ketiga genre ini.

Baca: Aliran-Aliran (Genre) Fotografi

Nah itu dia merek, tipe, dan brand yang dibutuhkan berdasarkan genre fotografi yang kamu geluti. Eh, tidak ada merek ya? Padahal saya penggemar Nikon? Jelas, yang penting menurut saya merek apapun yang pasti memiliki fitur-fitur yang saya sebutkan di atas, thats the best you gun have. Tapi better Nikon at all sih...wkwkwk

Post a Comment

0 Comments